Sharing dari Teman : Beat eSP kontak On Tidak ada Respon

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman seorang teman yang bertanya pada saya tentang trouble di motor honda Beat eSP.

Trouble yang di alami yaitu tiba-tiba motor saat kontak posisi ON tidak ada respon, semua indikator mati, tetapi jika mesin di selah masih tetap bisa hidup.

Padahal motor tersebut kemarin baru saja di service di bengkel nya.

Nah saat teman menelpon, saya bertanya apa saja yang sudah di kerjakan?

Dia bilang kalau sudah coba ganti aki yang normal, ganti 2 relay (relay utama dan relay stater) tetapi hasilnya nihil, namun di relay utama ada bunyi cetik-cetik saat kondisi kontak On.

Dan dia pun menjelaskan kalau sudah bongkar semua cover untuk melihat apakah ada kabel yang terputus atau munkin di kerjai tikus, namun dia tidak menemukan nya.

Di sini respon jawaban saja juga agak bingung, sering nya trouble ini di sebabkan relay utama yang eror.

Tapi saya teringat Kasus trouble yang sepertinya sama, saat itu saya memeriksa soket ecm yang ternyata ada kotoran yang menyebabkan kabel kurang Mak jlep (apalah namanya wkwkw).

Dan saya juga pernah beberapa kali mengalami kabel body di bagian tekukan sebelum soket ECM megalami semi putus, jadi jika di lihat secara visual kabel tersebut tidak putus, namun tembaga di dalam nya putus.

Baca juga:

Dan benar saja, setelah beberapa saat teman saya mengirim sebuah foto kabel yang saya jelaskan tadi memang terputus. Berikut penampakan nya.

Kabel putus pada soket ecm

Dua kabel yang putus yaitu:
Merah/Hitam : kabel ini dari relay stater/relay pengisian.
Merah/putih : kabel ini dari alternator (spul).

Setelah kabel tersebut di sambung kembali, motor pun jadi normal.

Ok itulah sharing pengalaman trouble yang di temui teman saya, barangkali anda mengalami kejadian yang sama, coba tinggalkan komentar.

Maaf singkat saja, Sekian, maturnuwun.


Comments

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.