Tragedi ECM beat FI eSp terbakar karena konsleting

wish ngeri ya judul artikel nya, kenapa ngeri? sedulur tau tidak harga ECM beat FI eSP ini? harganya di kisaran Rp 900 ++. dan di posting artikel ini saya hanya ingin curhat tentang yang saya alami di bengkel.

Kemaren saya menemui kasus motor honda beat FI eSp terbakar, terbakar di sini bukan trus terbakar ada apinya gitu ya lur, tetapi ECM panas dan mengeluarkan asap saat motor di nyalakan.

baca juga:
ciri ciri ECM yang rusak

Kronologis Motor datang ke bengkel


awal nya motor beat eSp ini di bawa ke bengkel dalam keadaan Mogok, singkat percakapan saya dengan pemilik Motor.
  • saya: gimana pak ada yang bisa saya bantu.
  • pemilik: motor saya mogok mas, tolong di benerin.
  • saya: awal nya gimana ya pak, kok bisa mogok seperti ini?
  • pemilik: awalnya saya buat jalan normal mas, tapi waktu itu hujan naah tiba-tiba motor saya mogok dan lampu indikator di spedo kedip-kedip gitu.
  • saya: oooh begitu, coba saya cek dulu ya pak, saya persilahkan pemilik nya untuk menunggu. "sambil di dalam otak saya berpikir" (biasanya kabel ckp nih mengelupas dan terkena body, jadi konslet dan mogok)
Setelah di lakukan pengecekan ternyata benar dugaan saya, kabel body deket soket CKP yang berada di bawah throttle mengelupas dan terkena blok mesin (tepatnya kabel coklat-hitam). dan kemudian saya potong saja+sambung lagi dengan kabel baru trus di rapikan dengan tape (solasi).


Saking yakin nya karena kasus ini sudah biasa terjadi, tetapi saat tombol stater di tekan si magnet hanya memutar sedikit (sama seperti saat aki lemah), kemudian saya memcoba hidupkan dengan kick stater dan motor pun menyala.

Ini lah awal tragedi lur, motor menyala selang beberapa menit ada bau asing yang saya kira itu dari bau magnet kemungkinan karatan "karena di sini dekat dengan rob jadi banyak magnet dan spul yang kemakan karat", saat di bongkar magnet kok aman, kemudian saya hidupkan lagi dengan kick stater sambil mencari asal baunya ternyata dari ecm. "wadduh ECM kebakar" pikir saya.

Apa nih penyebabnya? Saya cek kembali saat kontak ON masih ada kedipan 52 yang menandakan CKP eror, padahal kabel tadi yang bermasalah sudah di amankan, dan juga sudah di reset ECM.

Kemudian saya cek kembali tahanan kabel-kabel yang ada di soket CKP sudah sampai di Soket ECM semua. tanpa adanya konsleting, tetapi kedipan masih tetap ada lur, "sambil berpikir keras" ada motor beat eSp sama persis, mau bagaimana lagi klo sudah tidak ada kabel yang putus atau konslet kemungkinan ya dari ckp nya, nah saya coba tuh ckp motor yang baru datang di pasang ke motor yang bermasalah, dan ternyata hasil tetap sama. kode MIl berkedip 52. waah agak berat nih kasus kayaknya.

Selanjutnya saya bilang ke pemilik untuk di tinggal dulu karena agak sulit nih nyari penyakitnya. yang pasti ecm sudah rusak.

Karena masih penasaran apa penyebab ini ecm terbakar dan lampu mil masih berkedip padahal kabel sudah aman, dan juga sudah saya coba pke CKp yang normal. pengecekan kembali di lakukan, mulai dari visual kabel body tidak ada yng mengelupas, pake multitester pun tidak terdeteksi konslet, langkah akhir ya mencoba ECM baru,

ECM baru pun saya pasang, kontak ON, sambil pegang tu ECM, suhu masih dingin. dan tombol stater di tekan skali hasilnya masih sama, malahan ecm baru ikut-ikutan panas dan terbakar. wadduh ngeri nih motor lur. sudah habis dua ECm.

Oya lur sedikit tambahan, saya juga sudah menyuruh mekanik lain untuk memeriksa kabel-kabel body karena munkin saja saya kurang teliti, tetapi sama saja tidak ada tanda kabel konslet saat di periksa dengan multitester.

Baca juga:
Cara manual reset TP dan ECM motor injeksi honda

Penanganan mulai nampak hasil

Awalnya saya mencoba menghidupkan motor tanpa aki ternyata tidak bisa dan api juga tidak keluar, padahal pengisian dari spul di periksa masih ada sebesar 14.5 v. karena sudah mentok keisengan pun di lakukan, soket dlc di jumper, soket Eot juga saya jumper, yang saya lakukan adalah reset Tp. hasilnya nah loh kok hilang kedip 52 tadi.

Selanjutnya motor pun di hidupkan dengan kick stater, saya coba lepas soket aki motor pun menyala "seperti nya nih motor sudah sehat" tetapi di sini saya masih takut untuk mencoba ECM baru lagi, takut kalo terbakar, rugi nya sudah besar gara-gara nih motor hadewh.

Walaupun begitu saya nekat mencoba ecm baru, dalam hati stengah yakin karena ini motor sudah mau hidup tanpa aki, harusnya sudah normal.

Kemudian ecm baru saya  pasang, tetapi tidak seperti sebelumnya yang memakai aki saat mencoba, di langkah ini saya mencoba ecm baru tanpa aki, motor di hidupkan memakai kick stater. dan brum mesin hidup, setelah beberapa menit kita periksa suhu ecm pun normal.

Kemudian aki saya pasang  dalam kondisi motor menyala selang beberapa menit dan kontak di putar ke off. saya lakukan lagi prosedur reset TP dan setelah itu stater saya coba dengan rasa takut, breemm motor pun normal, hingga beberapa kali percobaan tetap normal, "motor kesambet nih" pikir saya.

kesimpulan penyebab ECM terbakar

Sampai di sini sudah beres, jadi kesimpulan nya Kum3n.com punya beberapa tips, agar lebih hati-hati saat menangani trouble motor injeksi. berikut tips nya:

  • saat mencoba ecm baru pastikan tidak ada kode kegagalan yang di tunjukan lampu indikator MIL.
  • saat mencoba ecm baru alangkah baiknya tanpa menggunakan aki jika belum yakin.
  • lakukan reset ecm dan reset TP lebih dahulu sebelum menyalakan mesin.
  • pastikan tidak ada kabel yang konslet.

Munkin sampai sini dulu curhat tentang tragedi ECM terbakar yang saya alami. munkin saja kasus ini terjadi akibat saya pribadi yang kurang teliti, jadi anda harus lebih teliti jika menangani trouble kelistrikan di motor injeksi, jika munkin ada yang anda tanyakan mohon di komentar saja, selamat malam dan selamat istirahat.

Comments

  1. mas saya mau nanya saya ada motor beat fi pop thn 2015 nah motor saya mati total lampu lampu indikator mati semuah..
    pas saya cek sekring ecu nya putus trus saya pasang lagi trus putus lagi ?kira kira apa yah masalah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat di kontak on sekring langsung putus? atau saat di stater? atau saat sistem beban di hidupkan mas?

      Sudah di pastikan ada kabel yang konslet apa belum?

      ¤ Jika sekring putus saat di kontak on, biasanya kabel yang berhubungan dengan lampu kota ada yang konslet.

      ¤ Jika saat sistem beban di hidupkan, misalny saat klakson, atau sein di hidupkan sekring putus, coba anda periksa kabel yang berhubungan dengan beban tersebut.

      ¤ Jika sekring putus saat di stater, coba anda periksa coil nya. Bisa juga anda pastikan dengan motor yang sejenis. Tidak di anjurkan mengganti coil lain, karena bs brujung ecm mledak.

      Delete
    2. Kalau keadaan kontak off dan sekring 10amper ecu.putus terus saat di pasang apa biasanya mas yg konslet. Speda saya vario 125 k60 non iss

      Delete
  2. gan vario 110 tecno ane kemarin persis kayak gini kejadiannya, CDI nya panas dan bau hangus keluarin asap, tapi aki normal sein nyala, setiap di starter bau hangus dan asap keluar, akhirnya ane ganti CDI juga sekalian kiproknya

    kira kira kenapa ya gan bisa CDI nya hangus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya yang sy temui cdi/ecm terbakar di sebabkan koil konslet mas, naah kadang ada yg mau mutus sekring saat terjadinya konslet itu, tapi kadang jg ada yg tidak putus sekring nya. Jd nya yg kalah cdi terbakar kluar asap.

      Ada juga yg di sebabkan dari ckp yg bermasalah.

      Naah untuk motor mase sebelum terjadi itu historinya gmna. ? Tiba2 saja atau abis kena apa?

      Delete
    2. tiba tiba saja mas pas lagi jalan mesin langsung mati, terus kalau kunci di ON keluar bau hangus dari CDI nya

      Delete
    3. Motor belum sebulan saya tambahin lampu sein belakngnya mas, seperti kayak bis malam gitu

      Delete
    4. Oowh di tambahin lampu hazard gt ya (sein kedip dua2 nya)?

      Vario nya yg sudah injeksi blm mas?

      Delete
    5. Untuk mtor injeksi tdk di sarankan menambah variasi di sistem kelistrikan mas, jk salah ambil arus bisa fatal akibatny.

      Delete
    6. motor lama mas Vario 110 tecno masih karbu, jadi lampu aslinya terus saya tambahin lagi lampu di dekat spakbor belakang kiri sama kanan, bukan lampu hazard cuma saya tambahin lampu sein

      Delete
    7. Ealah motor karbu ya.?
      Bisa jadi ada ksalahan pemasangan yg brakibat konslet mas, dan bisa jg karena kiprok/spul over. Tp saya sndri blm prnah nemui sih 😂

      Delete
    8. Mnkin lain kali jika mau menambah variasi lebih hati2 saja. Bisa browshing2 dulu atau bawa ke bengkel trdekat biar lebih aman

      Delete
  3. Saya juga punya Scoopy fi. waktu itu saya kecelakaan dan mendadak nggak bisa di starter tangan tetapi stelah beberapa kali di starter kaki bisa nyala,lalu saya bawa ke Honda untuk dicek katanya ecmnya yang bermasalah karna sudah di tes dengan ECM baru motor saya langsung normal kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ber arti bisa di simpulkan ecm di motor mase konslet akibat benturan keras

      Delete
  4. om mau nanya kenapa ya klau kontak on
    lampu indikator lampu sein sma klakson kok mati semua sama bunyi injector juga mati padahal aki masih bru
    kira" itu yang rusak ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika aki sudah di pastikan bagus, coba di priksa bagian sekring dan relay utama mas.

      Delete
  5. om mau nanya..
    motor saya scoopy mogok gabisa stater, tapi kick stater bisa cuma beberapa saat abis itu mati lagi..
    saya bawa ke bengkel honda katanya ecm dan kabel bodynya harus diganti..
    ecm sudah dapet tapi kabel body belom dapet..
    kata orang bengkel dibawa pulang aja nanti pasang ecm nya sendiri, dan kabel body yg rusak pake solasi aja..
    ini gimana om? apa bisa pasang ecm sendiri dirumah? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya memang habis kena apa mas motor nya,?
      Naah untuk kabel body yg rusak itu bagaimna kondisinya, jika cuma lecet sedikit ya aman saja jika di solasi.
      Untuk pasang ecm sendiri aman saja asal tak ada kabel yang konslet.

      Delete
    2. Oya motor mase scoopy yang tahun berapa? Sudah esp kah?

      Delete
    3. tahun 2015 om, sudah esp, scoopy yg iss . .

      Delete
    4. kayaknya abis kena jalan berlubang yg lumayan parah om..
      maaf om boleh minta nomer whatsap ga?
      buat ngirim kabel body nya.. makasih

      Delete
    5. Biasanya kasus sperti mase itu cuma kabel ckp di bawah throttle body yg mengelupas,

      Ini WA saya 081901997988

      Delete
  6. mas motor saya beat pop,mil nya kok nyala terus...knp ya mas kalo kayak gitu?,dulu awalnya pas mw ganti lampu utama,ada konslet jadi kabel positif kesentuh ke bodi...sekring putus...terus saya ganti sekring langsung normal...cuman yaitu mil nya gak mau mati,udah tak coba ke ahas,masih belum ketemu penyebabnya...,tapi selama ini gak ada masalah brebet,kendaraan normal2 aja gak pernah ada gangguan...,

    ReplyDelete
  7. Untuk reset Tp dn eot,ecm apa harus terpasang batrre nya

    ReplyDelete
  8. Siang mas nasrul...admin kumen.com . sy mau tanya.
    2 hari yg lalu jumat motor sy beat fi tiba2 mati lampu2 ikut mati, yakin pst aki kl begini, diganti aki baru oke jalan.

    Sabtu pagi sy pk motor utk kerja, pulang kerja sy ganti lampu ke bengkel sy kira lampu utama+blkg udh mati, trnyata pd normal, cek saklar normal, ternyata di kabel bodi ada yg kebakar, akhirnya disambung pake solasi. Oke jalan lg.

    Stlh 30menit perjalanan tiba2 mogok lg, lampu pd mati lg. Sy yakin kebakar lg. Ternyata bener, bwa lg kebengkel yg beda, penanganan sama di solatip lg. Sampe skr motor jalan.

    Yg jd pertnyaan, apakah saat setelah pemakaian motor kabel bodi ikutan panas sprti mesin atau tidak ?

    Trm ksh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di solasi kabel warna apa,
      Seharusnya tidak panas jjika tidak ada yang konslet.

      Delete
  9. Bang, klo punya saya

    Setelah saya melakukan perjalanan jauh, sesampainya dirumah istirahat sekitaran 5 jam. Setelah itu saya mencuci motor dan mendiamkannya selama 3 Jam setelah dipanasi. Pada saat saya jalan pulang sekitaran 3KM, tiba-tiba motor mati total dan gk bisa nyala lagi (Tidak ada lampu apapun yang hidup ) termasuk lampu spedometer. Setelah itu didorong sampai rumah dan saat dihidupkan ON, tiba-tiba keluar asap yang sangat banyak yg berasal dari EMC dan sudah ada percikan apinya. Pada saat itu saya siram dan saya lepas EMC itu dan ternyata sudah hangus dibagian dudukan antara EMC dan Kabel nya (Kabel Hangus dan EMC juga Hangus ). Klo itu masalahnya dimana ya bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan saya, motor nya ap. Dan apakah ukuran sekring semua standar?

      Mnurut saya ada kabel yg mengelupas dan saat di cuci jadi basah lalu terjadi konslet, parahnya kabel tersebut langsung berhubungan dan ECM.

      Delete
  10. Gan gw mau tanya .gw ngerjain Beat rap awalnya stater ga idup cuma relay cetek" tapi ga bisa konek ke stater acg.tapi kalau di kick stater idup normal n lampu mil normal.
    gw coba ganti relay Masi sama gw ganti sekring ECM malah jebol.
    Problem nya di mana yah?tolong di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti coil nya, tapi kasih koil yg ori untuk montor itu, jngan coba-coba coil motor lain.

      Oya untuk sekring jangan anda kasih yang ukuran di atas nya ya, nanti bisa kalah ECM nya.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Mas Nasrul, maaf nih minta bagi ilmunya.
    Motor saya Beat Pop 2016, kemarin mau ganti lampu belakang, sein sama senja depan, pakai LED merk Lum***s, biar irit. Lampu senja di pasang bisa nyala, pas ganti lampu belakangnya, kontak on langsung konslet mas. sekring 10A putus, kenapa ya mas, setahu saya arusnya sdh DC. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemasangan ngerubah kabel apa tidak?

      Delete
    2. Tidak merubah kabel mas, hanya lampu senja depan d ganti LED, nyala. trus pas ganti lampu belakang pakai LED begitu kontak ON, korslet, fuse 10A putus. Saya ganti lampu aslinya, nyala normal

      Delete
    3. Ganti lampu asli konslet tidak? Kalau tidak ya lampu led nya konslet.

      Delete
    4. Ok mas, tq infonya. Sama satu lagi nih, sy kan pasang Lampu Depan, LED merk Tyt* 8/8 watt. Cuma pas kontak on mesin nyala, lampu hidupnya kedip (ga stabil terangnya). klo d matiin pke standar samping, nyala terang, stabil. solusiny gmn ya om, bisa ga di ambilin arusnya dr lampu senja depan, atau dari kontak. terima kasih bnyak

      Delete
    5. Ambil saja dari kabel lampu yg lama malah aman, emang itu di ambilkan kabel mana?

      Delete
    6. Sekarang, dari lampu yang lama om, cuma masalahnya klo langsam, lampu kedip (terang-redup)

      Delete
    7. Eh itu bukan lampunya ya mas, soale ada temen jg nyari lampu led yang model kyak gitu.

      Jadi saat langsam dia kedip, tp klo buat kencang dia terang.

      Delete
    8. Iya betul mas, knpa ya.? soalnya kan katang beat pop yang esp sdh DC, soalnya pas dimatiin pke standar samping, lampu depan tetep nyala, malah lebih terang

      Delete
    9. Sepertinya memang lampu nya mas, model nya seperti itu.

      Delete
    10. Lampu utama masih ber arus AC itu mase

      Delete
  13. Mas selamat siang .. saya mau tanya Dulu motor beat pop saya keluaran 2015 kebakar ACU nya karena konseleting .. Kodo Acu nya K25G 601 Tapi barang itu tidak ada.. lalu saya ganti Acu beat juga tapi kode nya beda.. K25G 600 .. memang motor saat ini normal.. tapi kyak mana kalo untuk kedepan nya.. apakah bermasalah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beat pop.nya ada fungsi iss tidak "idling stop system" ?

      Klo tidak aman saja..

      Delete
  14. Siang mas, motor sy soopy 2014. Awalnya sy cuci motor plus ganti lampu depan. Sampai rumah motor jalan normal, selang berapa menit ketika sy hidupkan lagi motor langsung mati total.. starter dan kick starter pun tetep gabisa.
    Sy udah bawa ke 3 bengkel berbeda kesimpulannya sama, ECM nya jebol dan harus ganti.
    Pertanyaannya, kalo saya ganti ECM apa motor sy bisa normal lagi atau malah ecm yg baru ikut rusak?
    Masih pikir2 ganti ecm ngeliat harganya yg gak murah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di motor ada penambahan variasi tidak?

      Saat ganti ecm pastikan ukuran sekring semua sesuai standar, jadi jika ada yang konslet ECM tetap aman.

      Kalau bisa sebelum di ganti ecm nya, bongkar dan bersihkan magnet dan spul.

      Delete
  15. mas tanya...motor saya beat esp..dobel stater kadang nyala kadang,waktu cek d bengkel resmi aki,sekring ,relay semua normal...kata nya ada kendala pada ecm,minta solusi nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beat esp biasanya kendala di stater karena kabel CKP di bawah throttle body mengelupas dan terkena mesin, pastikan itu dulu.

      Delete
  16. mas motor saya pas shocket dari ecm saya lepas lampu speedometer hidup. pas saya pasang shocket ke ecm lampu spedometer nys mati. ini motor ga bisa di stater dan kick stater. awal mulanys karna sekring putus terus says ganti selang beberapa lama motor udah ga bisa hidup. padahal sekring bagus. apa ecm nya perlu di reset ulang mas? motor saya beat street

    ReplyDelete
  17. mas, motor saya beat fi 2013, mati total, montir ahhas vonis itu ecm mati, nah pas abis saya ganti baru, baru di pakai 3-4km mati total lagi, dan montir ahhas bilang itu ecm nya lagi.. setelah itu saya beli ecm, koil, sama spul baru .. dan nyala seperti normal, tapi baru di pakai 1-2km mati total lagi, itu kenapa ya? kabel udah di bongkar semua dan tidak ada yang putus atau terkelupas.. tapi socket yang dari ecm (kabel warna kuning) yang di pasang ke koil itu ngeluarin percikan, itu gimana ya? sekarang kondisi motor saya mati total..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas di ganti coil, coil nya asli standar nya tidak, soale kebanyakan ganti pake yg bukan kode bawaan nya jadi konslet lagi.

      Delete
  18. Ass mas mau tanya nih motor saya beat Fi x, kan motor saya penuh lampu touring padalhan udah 2 tahun ga knpa2 tapi saya bingung knpa ya di cabut kunci malahan nyala klaksonya sama lampu klilomernnya nyala terus tapi yang lain mah ngga, mohon ilmunya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambungan kabel nya ada yg konslet, di cek dulu.

      Delete
    2. Malam mas saya yang punya motor beat fi itu, udah saya cek dan kabel2 lampu touring saya copot semua tapi masih kaya gitu, apa kabel body ya mas mohon ilmunya makasih

      Delete
    3. Pasti ada yg konslet mas, itu ada arus yg langsung kena sistem beban.

      Delete
  19. koil k25 dipasang ke k46 KIRa2 bisa merusak ECU gak mas?

    ReplyDelete
  20. Mau tanya om... motor ane beat esp 2015... maslahnya soket ECU.nya ada yg kebakar ... yang menyebabkan . Stater kadang idup kadang gak...... kalo mau beli soketnya disini susah bnget om. Pling soketnya saya bersihin doang ... ... klo gtu bisa jdi maslah gk om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebakar biasanya akibat soketnya kendor, bisa jadi maslah klo masih kendor, sebisa munkin harus di kencangkan.

      Delete
  21. mas motor saya vario 125 fi lawas, jalan 60km/j ke atas
    lampu mil nya kok nyala terus...knp ya mas? udah tak coba ke ahas,masih belum ketemu penyebabnya...,tapi selama ini gak ada masalah brebet,kendaraan normal2 aja gak pernah ada gangguan...mohon pencarahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedip brp kali kah? Motor apakah motor brebet? Indikator kecepatan jalan?

      Delete
  22. mas, motor saya beat pop esp tahun 2014, waktu itu saya mengalami kecelakaan, dengan tersungkur sungkur saya mencoba mengendarai lagi motor saya yang baru terkena benturan keras dan masih bisa jalan, sampainya dirumah saya istirahatkan diri karena trauma, adik saya mencoba membawanya kebengkel untuk diperbaiki, jalan beberapa meter tibatiba motor saya ngeluarin asap yang lumayan banyak, seketika motor padam, tapi lampu, sein, klakson nyala, saya coba bawa ke ahass dan dicek katanya kabel terbakar dan solusinya harus diganti, tetapi pihak ahass sendiri belum bisa memastikan setelah kabel diganti motor bakal hidup, dia juga menyarankan untuk menganti ECM, mendengar harga set kabel dan ECM bikin saya geleng kepala, untuk kabel harga dikisaran 600k dan untuk ECM dikisaran 900k++, saya mau tanya, apakah harganya memang segitu atau ada toko lain yang menjual dengan harga yang lebih murah? dan apabila semua komponen diatas sudah diganti dengan yang baru apakah motor bisa sehat kembali? maaf mas saya kurang mengerti soal mesin hhhee,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga ecm memang segitu mas, itu saja kadang agak sulit nyari nya. Klo kabel di estimasi harga 600 berarti ganti semua, ya memang sgitu jg harganya.
      Kalau mau lebih murah ya cari bekas, itupun agak susah dapatnya.

      Insyaallah beres, percayakan pada bengkel.

      Delete
  23. Maaf sy mau nanya...motor beat pop sy klo di on distater tangan lampu indikator ngg menyala...klo di kick stater menyala...semua...sekring baik semua...munkin apa pengaruhnya itu...

    ReplyDelete
  24. Mas saya mau nanya. Motor saya vario fi led 110. Pas distater ko gabisa ya kaya dingin gitu kalau disela idup itu juga lama engkol 5 bahkan lebih baru idup. Semua kelistrikan nyala semua.setelah jalan 1jam motor nyala ketika mati lalu dinyalain stater itu idup mas motor . Kira kira apanya ya mohon responnya makasi

    ReplyDelete
  25. Gan mau nanya motor saya scoopy fi tidak bisa stater elektrik tapi pas di kick stater hidup lampu indikator aman semua sudah ke bengkel katanya suruh cek ckp sama ecmnya pas di bongkar ckpnya normal ecm gak ada masalah indikator kedipan,sampe bengkel dket rumah saya nyerah

    ReplyDelete
  26. Selamat malam saya dari tawau sabah. mau tanya motor saya rs150r kalau d indonasia nama nya SUPRA GTR 150. masalah motor saya adalah sudah 2 kali ECU STANDART nya rosak.1 ECU After Market Apakah masalanya. Sebelum terjadi kerosakan ini saya cuci motor selepas 30minit di cuci, saya on kunci motor dlm keadaan kunci on tiba2 ECU berasap masa itu saya guna ECU After market selepas dari kejadian itu la masalah tu berulang, selepas dari itu saya guna ECU STANDART nya, bila ganti ECU OK tapi lepas dari 1 jam jalan motor mati seperti biasa ECU ROSAK lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta tolong bosku apakah masalanya

      Delete
    2. Kemungkinan ada kabel arus yg ngelupas dan terkena body, jadi untuk mudah nya, bongkar semua cover lalu cek secara visual.

      Delete
  27. Malam gan, mau tanya.
    Ane punya scoopy 2015 esp, kalo di stater tangan kadang mesin mati lagi (sempet hidup sepersekian detik kemudian mati lagi, kayak mesin dingin atau stater lemah)
    Yang kedua dan ini paling parah, sering kali motor saya ketika berjalan seperti bensin gak turun padahal gas sudah di buka dan tiba2 mesin langsung nge respon lagi begitu terus berulang-ulang (jadi ndut2an gitu gan)
    Saya sudah ke ahass dan sudah mengganti aki, filter udara, filter bensin (cuma filter aja gak sama pompa nya) dan sudah di reset semua tapi masalahnya tetap ada.
    Dan satu lagi lampu rem saya selalu menyala walaupun saya tidak menekan tuas rem dan itu terjadi sejak memutar kontak ke posisi on tapi ketika saya lari 60 kpj lampu rem tersebut kedip2 antara lampu rem dan lampu malam biasa
    Mohon pencerahan gan
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kedipan mil ndak, jika tidak ada, kemungkinan si fuel pump lemah.
      Untuk lampu rem, biasanya permasalahan bersumber dari switch rem, bisa switch rem depan/belakang. Coba di lepas satu-satu.

      Delete
  28. om tanya.
    Misal ecu/ecm seri K25G diganti dgn ecu/ecm seri yg lain apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seri lain nya apa dulu, kan banyak.

      Misalnya, itu untuk beat esp non iss, di ganti ecm beat esp iss. Ya bisa saja.

      Delete
    2. Dulu saya pernah, beat esp non iss, tak kasih scoopy esp iss, hasil nya bisa dan aman.

      Tapi saran saya jangn coba2 dengan part satu ini, karena mahal sekali, jadi kalau bisa di carikan dulu sesuai kode.

      Delete
  29. Maav mas saya mw nanya ,
    Saya punya motor beat pop esp non iss,
    Truble motor sya kontak keadaan mati atau off, klakson saya klo di pencet nyala mas ,
    Itu kira2 apa nya ya mas ,???
    Mohon petunjuk nya mas
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada kabel arus sebelum kontak yg sudah dapat jalur beban, jadi gampang nya di lihat saja dulu semua kabel, biasanya ada yg ngelupas.

      Delete
  30. Maav mas saya mw nanya ,
    Saya punya motor beat pop esp non iss,
    Truble motor sya kontak keadaan mati atau off, klakson saya klo di pencet nyala mas ,
    Itu kira2 apa nya ya mas ,???
    Mohon petunjuk nya mas
    Terima kasih

    ReplyDelete
  31. Sy juga mengalami ecm beat esp terbakar,,awalnya sih motor hidup normal aja..cm pake kick starter..trus yg punya motor minta di hidupin starter yg ditangan..ya pas sy cek ternyata akinya soak..Dipasanglh aki baru..dicoba lah,,motor lgsung nyala,,tpi lampu indikator gak nyala..tpi gak berapa lama ecm keluarin asap dan jebol...kira" dimna ya salah nya...???
    Mohon para suhu berbgi ilmu dan pengalaman nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab nya kadang tidak terlalu di ketahui mas, kadang coil, kadang jg CKP, dengan catatan tidak ada kabel yg konslet.

      Delete
  32. Mas, beat esp saya lampu MIL nya nyala terus, dan kalo di off kan lampu MIL matinya pelan pelan meredup namun Motor tidak ada gangguan sama sekali, performa oke. Saya coba ubah setting altitude dan berhasil (dengan timing dikira kira karena tidak bisa melihat kedipan MIL) yang artinya sebetulnya ECU dalam kondisi ok. Sangsi sih ada kebocoran arus tapi udah nyoba ngecek semua kabel yg terjamah tetap aja begitu. Kira kira apa ya?

    Sebelumnya habis bersih bersih throttle body (socket yg dilepas TPS, IACV, injector, socket lampu belakang).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyala trus tanpa kedip ya?
      Biasanya ecm rusak, tp pastikan soket² yang tadi di lepas sudah kencang

      Delete
  33. Mas kenapa ya aki beat pop saya tidak mengisi pas posisi pagi hari tidak mau di stater kalo di kick stater nyala dan semua nya normal,tapi akinya pas di jajal di mtr satunya ngisi,dan apakah beat pop memiliki kiprok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, jadi satu sama ECM.
      Coba cek ralay pengisian nya.

      Delete
  34. Siang mas, saya ganti relay double starter trus, kontak on sekring ECU putus. Saya ganti lg sekring putus lagi, sebelumnya pakai kick stater, skr jadi mati total tanpa aki kick stater tidak mau hidup. Btw motor Honda beat F1 2015

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekring putus pasti ada kabel yg konslet, kalau tidak biasanya karena coil konslet, jd yang putus sekring ecu

      Delete
  35. Izin tanya mas,motor saya beat fi esp 2015.trouble nya mogok tiba2 di jalan d starter gak bisa di kick starter jga gakbmau nyala. pas di bawa ke bengek ganti aki baru bisa nyala.gak lama kemudian sore nya saya pake mogok lagi,pas di cek sama seperti sebelumnya aki drop.sekring2 sudah di cek aman.tapi pas sudah aki nya di cas dan nyala normal motornya,saya coba lepas aki nya terus coba di kick starter dan nyala.kira2 apa nya yang rusak ya mas?
    Sekian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek jalur pengisian nya, sepertinya kiprok tidak berfungsi

      Delete
    2. Kiprok nya satu set sama ecm ya mas,mengingat harga ecm yang lumayan mahal.apa bisa diganti pake kiprok yang misah dengan ecm seperti beat fi sebelumnya??

      Delete
  36. Bang saya mw tanya kan saya punya motor beat fi halus itu knp ya aki cepet tekor kaya ngga ngisi harusbnya klo motor ngga ada aki di sela harus nya nyala itu ngga nyala sama sekali trs klo pun hidup juga di bawa kenceng motor kaya mw mati mohon info nya pak makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya jalur pengisian bermasalah, harus cek dulu kabelnya, kalau gak ya kiproknya mati.

      Delete
  37. Kang saya punya beat fi esp 2015 lagi enak dibawa jalan tiba2 motor ngelimit ngebrebet kaya motor yang mau ke abisan bensin.dan galama motor pun mati total.dan kluar bau gosong di sekitaran bodi dekat ECM nya.keadann panas motor gamau nyala sama sekali.tpi stelah menunggu kurang lebih 30 menit motor pun bisa hidup normal kembali tapi ECM masih mengeluarkan bau gosong dan panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya apa abis kena air? ada yg konslet kyaknya

      Delete
  38. Kak motor beat esp 2015 yang kepalanya sudah x, sudah injeksi.

    Saya kan mau manasin motor pas di  on malah gak bisa di stater dan lampu indikator tidak menyala, klw di hidupin lewat belakang masih bisa hidup tapi klw di ulangi ya gitu lagi. Suaranya ngeses kasar gitu, pas saya cek filternya ternyata sudah parah.

    Saya coba hidupin lewat belakang lagi dan gasnya saya besarin sedikit kemudian saya tahan agak lama alhasil tidak mati2 lagi.
    kalau buat jalan normal, injeksi juga normal gak ada kedipan, klaksonnya hidup tapi pelan sekali.

    Pas saya off dan saya on Injeksinya nyala kemudian saya stater juga nyala. Tapi kalau sudah lama mesin di matiin als off ya kayak di awal itu lagi.

    Tolong penjelasanyya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa akinya memang sudah lemah, bisa juga relay utama sudah eror..

      Coba cek satu², atau pinjam motor lain

      Delete
  39. Mas saya mau tanya. Jadi motor saya beat fi th 2018 ..gjala awal motor buat perjlnan jauh tiba" mati srendet gtu. Habis itu di bwa ke bngkel. Sya Gk tau apa masalah'a .hbis itu relay stater di jumper. Tahan gk bgtu lama trus mti lagi pas di bwa ke bngkl lagi .. Di psang relay baru kok kbel sama sekring malah tgangan minus smua. pas ecm di cabut kabel bisa normal lagi - sma + .. Kata mekanik itu ecm'a... Trus saya beli sndri ecm krna bngkel gk bisa nyariin.. lalu kira" kalo saya pasang ecm baru sma relay baru gmna ya .. Aman gak.. Trima kasih mas

    ReplyDelete
  40. Mass itu di ganti kagak kode ecm nya

    ReplyDelete
  41. Soal nya sma kaya kasus motor saya

    ReplyDelete
  42. Mas mau tanya apa ecu cdi beat sama secopy Fi itu beda, soalnya Q barusan beli onlen ecu cdi keteranganya sih bisa buat scopy beat dan vario led, dan sekalian pesen kabel soketnya, tapi saat datang kok warna kabel soketnya beda sama yg ada di motor scopy, soalnya saya pesen+ socletnya karna socket di motor udah rusak.
    Tolong infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, munkin soket nya tidak ori, jdi beda warna

      Delete
  43. Mas motor beat esp 2017
    Keluar kode 52 sensor ckp
    Sudah saya ganti splus sama ckp baru
    Tapi tetap ajja keluar kode 52 dan gak keluar api.
    Di tombol stater cuma tret gitu doang gak mau muter dinamo nya
    Udah coba ecu motor lain sama ajja..
    Kira kira penyebabnya apa ya
    Trimakasih
    Sala kuku ireng 🙏

    ReplyDelete
  44. Mas mau tanya, kabel body saya ada yang leleh kena leher knalpot, motor lagi jalan tiba tiba mati
    Sampe dirumah saya tutup semua kabel yg leleh tadi pake isolasi tapi ecu berasap juga bau menyengat dan motor sama sekali gabisa hidup
    Itu kenapa ya?
    Di speedometer tidak ada tanda adanya kerusakan

    ReplyDelete
  45. Mantap om... artikel diatas. Saya 2 x mati ECM nya gara² konslet mau pasang acc.

    ReplyDelete
  46. Mau nya suhu apa perbedaan ECU beat esp 2018 dengan beat esp 2021 led

    ReplyDelete
  47. Permisi kang... beat 2015 esp saya ecu nya rusak dan harus diganti... apakah karna kabel lampu rem belakang terkelupas dan kabel jadi gosongkonslet bisa menyebabkan ecu harus diganti. Atau karna faktor lain..(indikator mil 52. Sudah cek kabel aman)

    ReplyDelete
  48. Punten kang
    Saya mau tanya apakah bisa ecu k25 di pakai ke ecu yg kodenya k46?
    Apakah akan ada epek samping nya?
    Trimakasih banyak sebelumnya 🙏

    ReplyDelete
  49. Punten kan
    Mau tanya motor sya kan beat fi 2015 saya mau menanyakan kan motor saya kalp di stater brebet brebet kadang bisa kadang kaga ya saya penasaran kenapa saya bawa ke bengkel dan kata bengkel nya ecu nya terbakar udah smpe dalem kata saya untuk sementara akalin aja dulu mas trus kata dia inj g bakal tahan lama mas nanti bisa Mati total nah saya jadi takut ya, apa yang saya harus lakukan apakah ganti ecu apa gimna ya gan mohon pencerahan nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau brani jamin sembuh ya ganti aja bang, tp memang kadang dr kabel2 nya yang jadi penyebab

      Delete
  50. Bg, mau nanya, motor sya beat karbu, seminggu yang lalu bru dr bengkel karna msalah skring bolak balik putus ketika di starter, tp klo d kick starter bisa, tp lmpu , klackson , dll mati krna skring di putus, trus sya bwa k bengkel normal, stelah 2 hari pas saya kendarai kluar asap dr kabel skring warna merah dan terbakar, trus sya cabut skring , rupanya skring dpasang plat biar gk putus, pas saya engkol hidup dan bisa jalan, tp selang bbrapa meter mati dan gj bs hidup lagi d engkol, ap solusinya bg? Ap sdh kena ke spul kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah kalau model sekring di gitukan bahaya, bisa kena ecm, harusnya sih di cari penyebab sekring putus nya dulu

      Delete
  51. Mz klo saya mau ganti d bagian kiprok nya aja pke kiprok beat yg lama apa harus merubah jalur???

    ReplyDelete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.