Sharing pengunjung: Beat FI eSP sering Mogok, Indikator Mil Menyala 52

Lagi lagi permasalahan trouble pada motor injeksi kita temui, kali ini ada seorang pengunjung blog mengirim pesan kepada saya lewat sosial whatshapp.

Sebut saja mas yahya, dia menceritakan bahwa motor yang di kendarai sering mengalami mogok di jalan. Mas yahya juga sudah membawanya ke bengkel resmi Honda dan di Vonis ECM nya rusak dan harus di ganti.


Saya pun menanyakan, apa waktu sepeda motor mogok penfapian nya ada? Dan juga apakah ada kedipan MIL kerusakan pada spedometer nya.

Saat itu mas yahya bilang kalau pengapian hilang dan ada 7 kedipan.

Karena saya belum yakin jika jumlah kedipan yang dia katakan itu benar, maka saya suruh untuk mengirim video kedipan nya saja. Inilah video yang di kirim.


Waah itu bukan 7 "balas saya", tapi 52 yaitu menunjukkan kerusakan pada sensor CKP. Masalah klasik yang sering terjadi di varian Beat esp, " Pikir saya".

Untuk pengecekan nya, saya pernah membahasnya di artikel kedipan Mil 52 sensor CKP

Nah setelah mas yahya sampai di rumah, dia kembali meminta bantuan saya, karena tadi saat mogok lagi di jalan gan.

Lalu saya minta bukakan cover dan jog nya agar telihat bagian sistem injeksi nya.

Kemudian mas yahya menunjukkan foto ECM yang kebakar pada soket nya, menurut saya itu akibat dari soket nya sendiri yang kendor dan menimbulkan percikan api, lalu plastiknya pun leleh, atau bisa juga akibat dari kabel CKP yang mengelupas dan kegesek mesin, dan berimbas konslet di situ.

Mas yahya pun saya suruh memeriksa kabel yang saya curigai, dan benar saja, ada kabel yang mengelupas di sana, berikut foto nya.


Setelah kabel yang mengelupas tadi di amankan dengan solasi, saya arahkan untuk menganmankan soket ecm yang meleleh tadi dengan cara mengencangkan skun dan mengganjalnya dengan kabel.

Setelah di rasa sudah kencang, montor pun dia hidupkan, berikut adalah video setelah kabel-kabel aman.


Setelah itu saya menyarankan agar melakukan reset TP dan reset ECM, caranya bisa membaca artikel berikut ini.


Sampai saat ini motor masih menyala dan aman-aman saja tanpa mengganti ECM, jadi kesimpulan nya, kerusakan tidak pada ECM, tapi pada kabel yang mengelupas tadi.

Nah itulah sharing trouble dari mas yahya pengunjung blog kum3n.com.

Baca juga:

Jika anda mengalami trouble silahkan tinggalkan komentar atau bisa menghubungi WA saya "ada di halaman about", akan saya coba bantu jika Ilmu yang saya miliki mampu. Tapi harus urut ya, karena saya juga perlu analisa.

Saya rasa cukup sampai di sini, semoga bermanfaat. Terimakasih

Comments

  1. Mas mau nanya saya punya motor scoopy esp th 2016 awal nya motor saya elektrik setater nya tidak mau terus ada kedipan 52 dan saya filing klo sensor ckp nya hbis itu saya ganti sensor ckp nya baru terus saya coba cmn bunyi tik tik ajj kaya gak kuat ngangkat relay setater nya juga sdh saya ganti baru eh malah mati semua lampu panel2 nya fuel pump nya juga gak bunyi waktu di posisi kontak on cuman klo di hidupin pakay kick stater mau hidup mesin nya terus saya cek kabel suply yng dari sepul ke ecm terbakar semua mas kira2 apa penyakit motor saya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kabel di bawah throttle body, cek sekring, soket yg kebakar amankan.

      Delete
  2. Sudah mas cuman lampu mil sama lampu sepedo meter nya gak nyala juga kabel yang di bawah trotel body udah aman gak ada masalah mas kira2 apa nya lagi ya mas

    ReplyDelete
  3. Sya kurang paham cara ngecek relay utama mas. Tadi saya engkol mesin nya hidup normal mas cmn pas aya tekan tombol dobel setater nya mesin malah mati kaya ada yang konslet gitu terus pas saya lepas relay utama mesin malah tetap hidup dan pas saya lepas relay dobel setater malah mesin mati kira2 apa lagi ya mas penyakit nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas posisi hidup semua lampu jg hidup? Nek iya ganti aki.

      Delete
  4. Klo pas posisi hidup cmna lampu sepedo yang nyala mas aki juga sudah saya ganti baru cmn masih nihil hasil nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek jalur ini
      https://www.kum3n.com/2017/12/diagram-pengapian-beat-fi-esp.html

      Delete
  5. Motor saya udah ketemu mas penyakit nya ternyata ecm nya yang rusak mas tadi saya tes pakai ecm scopy yang lain ternyata pas saya kontak on normal semua makasih mas atas solusi nya

    ReplyDelete
  6. Mas maaf mau tanya speda motor saya beat fi tiba" ko brebet nyendat"apanya ya mas... sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.