Belajar menganalisa kerusakan pada sistem PGM FI Honda

Selamat malam sedulur kum3nBlog, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba memberi tips cara menganalisa kerusakan pada sistem pgm fi honda.

Baca juga:
Kode Kerusakan PGM FI honda.

Pada masa ini semua motor sudah di bekali sistem pgm fi, jadi mau tidak mau kita harus belajar cara memperbaikinya jika terjadi kerusakan.

Oke langsung saja, www.kum3n.com sudah menyiapkan sebuah gambar sistem pgm fi untuk mempermudah penjelasan nya. Berikut gambar nya.

Gambaran sistem PGM FI Honda.

Wiring sederhana pgm fi

Penjelasan Gambar di atas.


dari gambar yang kita tunjukkan di atas bisa kita baca jika IACV, Fuel Pump, Injektor, dan Coil mendapatkan arus positif (+) dari aki.

Di gambar tersebut juga di perlihatkan jika sensor-sensor tersebut di carikan massa oleh ECM/ECU.

Contoh kasus trouble Sistem PGM FI.

  • Misalnya pada sistem pgm fi tersebut saat kita lakukan pengecekan terjadi kegagalan pada sensor IACV tetapi pada fuel pump, Injektor, dan coil normal maka kita harus memeriksa jalur massa (-) pada sensor IACV. Munkin saja pada kabel tersebut terjadi konslet atau bahkan putus. Kita juga bisa mencoba dengan memberi jalur massa secara langsung untuk memeriksa nya.
  • Contoh lagi apabila fuel pump tidak berfungsi tetapi pada injektor, dan coil normal (mengeluarkan letikan api). Maka kita coba saja memberi massa secara langsung pada fuel pump.
Tetapi apabila sepeda motor mati secara keseluruhan, cobalah anda periksa jalur dari CKP, munkin saja sensor tersebut tidak mengeluarkan tegangan.

Dan lakukan juga pemeriksaan terhadap relay utama. Karena relay tersebut yang memberikan arus positif ke semua sensor.

yaah karena saya kurang begitu pintar menjelaskan, maka cukup sampai di sini dulu. Semoga artikel ini membantu anda.

Jika ada pertanyaan mohon tulis di kolom komentar yak. Kita akan coba bantu. Terimakasih.

Comments

  1. Salam sukses.Ssya mau tanya ni Aa mtr vrio 125 tdk ada pengapian kode mil 12 mohon solusinya trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek dulu sekring nya, kalo masih bagus periksa kabel hitam-putih yang terdapat di sensor injektor harusnya ada tegangan aki.

      Delete
  2. Tanya om, vario 125 saya akinya cepet drop dan ketika kontak on spul, kabel spul dan kabel menuju relay panas hingga ecm pun ikut panas, itu penyebabnya apa ya om,
    Mohon jawabanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di pastikan ada kabel yg konslet apa belum mas, jika kabel panas bbiasanya kabel positif ada yng bergandengan dengan body, untuk sekring jangan kasih ukuran di atas standar nya ya, agar mau memutus jika terjadi konslet.

      Delete
    2. Naah jika sudah di pastikan tidak ada yg konslet lalu periksa tegangan pengisian, untuk cara pengecekan bisa ke sini https://www.kum3n.com/2017/12/memeriksa-kebocoran-arus-dan-pengisian.html

      Delete
  3. Numpang tanya gan,vario 125 injection
    Lampu,klakson,stater nyala semua
    Kondisi kontak on indikator check engine berkedip 1x panjang di lanjutkan dengn 2x kedip pendek.
    Percikan api di coil mau pun kabel pulser ga ada...?
    Fuel pump ga bunyi ngiing seperti biasa...?
    Itu apanya ya gan..?
    Awalnya motor brebet,setelah itu mati dengan kondisi seperti yg saya jabarkan dia atas.
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari penjelasan mase arus input ke sensor terputus.
      Coba di cek dulu kabel hitam/putih yang berada di soket injektor, ada volt aki apa tidak, kalau tidak ada cari dulu biasanya kabel tersebut terputus.

      Delete
  4. Misi gan, lampu indikator beat fi saya barusan menyala ketika di jalan, kedipan nya kurang lebih di bawah 5x kedipan. mohon informasi nya. TKS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beat fi yang lama apa sudah esp (stater halus) ?.

      Bisa minta tolong lebih jelas brapa kedipan nya? Dan efek apa pada motor saal Mil nya berkedip.

      Karena saya jg butuh data, bukan asal tebak.

      Delete
  5. Mas motor saya beat pop gak mau di stater.. saat di kontak juga lampu spedometer gak nyala.. apa ada hungannya dengan aki ? Atau saya ganti push.. tolong gan kasih masukan,

    ReplyDelete
  6. Mas mau tanya cara cek ECU rusak gmn mas motor saya hilang pengapian tapi klo kontak on foolpom aktif jalur 12 vol ke tps dan injektor bagus tes koil bagus mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara paling mudah.
      Gunakan lampu kota, pasang pada dua kabel di coil, saat kontak on kalau ecm normal dia tidak menyala, nah saat kita stater baru lampu akan menyala.

      Delete
  7. Mas mau tanya beat esp klason hidup stater ga idup api dari koil tidak ada fuel pump tidak nyala.. Semua kabel hitam puti ada strom tapi ko ga nyala d kick sater ga idup apanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cba kabel coklat/hitam di soket fuel pump sambungkan ke massa, kontak on, apa yg terjadi? Kalau pump bisa nyala, brarti ecm anda rusak.

      Delete
  8. Mas mau tya mtr beat esp sy d stater gk mau hidup..saat d kontak on smua normal..hya saja api d busi gak ad..mhn pencerahanx..mksh

    ReplyDelete
  9. Motor saya beat fi 2015
    Pengapian hilang,fuel pump nyala normal,dari kabel sebelum koil tidak ada arus,tidak ada kode kedipan dari lampu mil.
    Habis ganti lampu sama jumper kabel, akhirnya konslet dan kabel pada gosong trs nempel ke body,tapi pas konslet mtr msh nyala normal dan di pake brangkat krja,pas pulang mtr mati di tengah perjalanan.
    Sekring ga ada yg putus,cma salahnya sikring buat ecu yg harusnya 5A di ganti pake 10A,kabel yg konslet udh di perbaiki smua tapi pengapian dari koil ttp ga ada.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekring ecm di perbesar akibatnya jika konslet berpengaruh ke jalur ecm sekring tidak putus, ya ecm anda konslet jg lah.

      Delete
  10. Mas motor saya vario125FI. Lampu senja menyala spedo smua nyala dan lampu belakang nyala. Padahal kontak dalam posisi off. Dan setelah di kontak on lampu utama menyala...apa masasalhny ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek semua kabel, bongkar semua cover, kalau gak ada konslet biasanya ECM rusak.

      Delete
  11. Saya punya kasus motor spacy fi kta tuan nya awal nya motor tersebut suka brebet jika di bawajalan lama klamaan sering nya di pake jadi ada keluar oli lewat filter udara dan sekarang dak bisa hidup jika di star nembak2 dan mati hidup nya pun harus gas tinggi pengapian dikabel busi ada sambaran kuat api biru putih mohon bantuan dan solusi nya makasih... Dulur2.....

    ReplyDelete
  12. Mas mau tanya, motor saya vario 150 keyless, kendalanya lampu utama redup, kronologi abis pasang saklar tambahan untuk matiin lampu utama, awalnya normal semua, trus lampu tambahan di ubah ke holder saklar kiri ( sudah pake saklar cbr) rencananya lampu jauh dekat buat matiin lampu utama, trus pass beam nya pake tombol pass beam depan ala2 old vixion gitu, setelah pemasangan normal semua mas, setelah dimatikan, lalu di coba nyalakan lagi lampu utama langsung redup mas, mohon pencerahannya mas 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pengecekannya di mulai dari mana aja mas ya?

      Delete
    2. Ya harus tentukan dulu penyebabnya, coba di lepas dulu smua balikin ke jalur ori, masih redup enggak.

      Delete
  13. Om mohon bantuan nya
    Saya dpt kasus motor cb150r facelift LED lampu utama nya mati
    Lampu kota ,stoplamp, spedo hidup
    Di cek tidak ada listrik di kabel putih-hitam
    Kira² dimana yg putus atau rusak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kabel yg dari kiprok, pastikan gak ad yg putus.

      Biasanya yg rusak kalau gak kiprok ya led nya sendiri.

      Delete

Post a Comment

"Jika ada pertanyaan Mohon di perjelas secara detail"

Misal
- Trouble nya apa?
- Motornya apa?
- History sebelum trouble kena apa?
- Sudah di periksa apa saja?

Terimakasih.